Munich – Xabi Alonso akan gantung sepatu di akhir musim. Setelah itu Alonso cuma mau diingat murni sebagai pemain sepakbola — sebagaimana tujuannya selama bermain sejauh ini.

Sejak Maret lalu Alonso sudah menyatakan pensiun dari dunia sepakbola. Dia akan menjalani laga terakhirnya Sabtu (20/5/2017) malam WIB, saat Bayern Munich menjamu Freiburg di Allianz Arena Stadium.

“Saya ingin dikenang murni sebagai pesepakbola. Saya percaya hal yang paling penting adalah permainan dan tidak semua dikelilingi kebisingan media, tujuan saya selalu murni untuk bermain sepakbola,” kata Alonso dalam sebuah wawancara dengan Marca.

“Apa yang saya suka adalah hidup dalam suasana sepakbola, di beraneka negara, saya sangat menghormati olah tubuh, pesaing, rekan tim saya, dan keseluruhan permainan.

[Baca juga: Penyesalan-penyesalan Xabi Alonso]

“Saya tidak bisa mengontrol persepsi orang secara umum dan saya tidak berani memberi tahu mereka apa yang dipikirkan. Jika saya bertanya pada diri sendiri, menurut Anda apa yang Anda lakukan? Maka saya akan mengatakan bahwa saya puas. Saya rasa saya sudah melakukannya dengan baik,” lanjut mantan pemain internasional Spanyol berusia 35 tahun itu.

Keputusan Alonso untuk pensiun di akhir musim sudah membuat dunia sepakbola terkejut. Padahal, sepanjang musim ini dia masih bermain reguler bersama Bayern yang sedang dilatih Carlo Ancelotti.

Namun, mantan pemain Real Sociedad, The Reds, dan Real Madrid itu malah bangga dengan keputusannya. Alonso senang bisa ambil keputusan untuk pensiun di saat masih berada di level atas.

“Bisa pensiun saat masih di level atas adalah sesuatu yang sudah lama ada dalam pikiran saya. Saya selalu menghormati dan sangat kagum dengan orang-orang yang melakukan itu dan selalu berpikir, ‘Saya berharap bisa melakukannya seperti itu!'” tegasnya.

(krs/raw)


NO COMMENTS