Jakarta – Ousmane Dembele menjadi salah satu pembelian besar Barca awal musim ini. Tapi, ia memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan hingga dia mencetak gol perdananya.

Nasib pemain yang dibeli sekitar 105 juta euro ini terbilang sial sejak bergabung Barca. Ia mengalami robek tendon paha kiri pada September lalu dan absen tiga bulan. Tak sampai sebulan comeback, Dembele kembali mengalami cedera otot dan absen sebulan.

Keraguan pun muncul, Barca dianggap melakukan pembelian yang salah. Kedatangan Philippe Coutinho semakin menebalkan prasangka bahwa Dembele tak akan mudah menembus tim utama.

Namun, Dembele akhirnya muncul ke permukaan. Sempat tampil apik kala Barca membantai Girona 6-1 dan mengalahkan Malaga 2-0 (dia membuat masing-masing satu assist) puncak performa pemain Prancis ini muncul saat Barca menghantam The Blues 3-0 pada 16 besar Liga Champions.

Pada laga tersebut, Dembele berhasil membuat gol perdananya untuk Barca lewat sepakan kaki kanan memanfaatkan assist Lionel Messi pada menit ke-19.

Secara keseluruhan permainan Dembele juga baik. Ia juga membuat satu tekel penting kepada Marcos Alonso yang membuat The Blues gagal menciptakan peluang emas.

Gol Dembele menjadi satu-satunya tembakan yang dia lancarkan pada laga tersebut. Tapi, daya juang serta semangat dalam melakukan pressing patut dipuji. Bahkan dalam hal bertahan Dembele punya nilai bagus dengan 1 tekel, 1 intersepsi, dan 1 sapuan sukses.

“Dia bekerja keras saat menyerang. Dan dia juga mundur ke belakang untuk menjalankan peran fundamental saat bertahan. Dia sudah melakukan langkah maju yang besar,” puji Ernesto Valverde setelah laga.

Antonio Conte bahkan menganggap Dembele adalah pembelian sempurna yang dilakukan Barca.

Menengok grafik Dembele yang terus berkembang dan keberadaan Coutinho, Valverde sepertinya akan kembali menggunakan formasi 4-3-3 sebagai andalan. Ia memang sempat memainkan 4-4-2 cukup sering karena hanya Luis Suarez dan Lionel Messi penggedor yang paling bisa diandalkan sebelumnya.

(din/krs)



NO COMMENTS