Jakarta – Klub-klub Inggris tampil gemilang di fase grup Liga Champions musim ini. Ada empat tim yang menjadi juara grup, cuma The Blues yang tak menyandang status itu.

The Reds berpesta gol ke gawang Spartak Moskow, Kamis (7/12/2017) dinihari WIB. Dalam pertandingan di Anfield itu, The Reds unggul dengan skor telak 7-0.

Dengan kemenangan itu, The Reds pun memastikan diri menjadi juara Grup E Liga Champions. Mereka mengumpulkan sebanyak 12 poin, hasil dari enam kali bermain. Si Merah menjadi tim Inggris terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Manchester City, Tottenham Hotspur, The Blues, dan Red Devils sudah memastikan diri lolos ke fase knockout. D Liga Champions kali ini, Inggris diwakili lima tim karena MU bisa berpartisipasi usai menjuarai Liga Europa.

City lolos dengan memuncaki Grup F, Red Devils ada di posisi pertama Grup A, dan The Lilywhites memuncaki Grup H. Sementara itu, The Blues menjadi satu-satunya klub Inggris yang finis kedua.

Opta mencatat bahwa keberhasilan empat tim Inggris ada di posisi teratas grup merupakan yang pertama sejak musim 2006/2007.

Inggris juga menjadi negara pertama yang meloloskan sebanyak lima tim, yang menempatkan lima wakil di fase gugur Liga Champions.

(cas/rin)


NO COMMENTS